Wow! 4 Jenis batu akik ini harganya tetap fantastis

batu akik

Tren batu memang sudah mulai redup, tapi jangan berpikir bahwa harganya akan ikut redup. Bagi kamu yang sudah terlanjur mengoleksi berbagai jenis batu akik, jangan pesimis duluan. Karena sejumlah batu akik harganya tetap fantastis, walaupun hanya beberapa jenis saja. Bahkan harga batu akik jenis tertentu bisa lebih tinggi dipasar global. Penasaran jenis batu akik apa saja yang harganya tetap tinggi?

Berikut ini beberapa jenis batu akik yang harganya cukup fantastis di pasar global, dilansir dari Fajar.co.id. Simak selengkapnya dibawah ini dan semoga saja bisa membuat kamu tetap semangat untuk mengoleksi batu akik, ya.

1. Black Opal
Nama besar batu black opal sudah mendunia. Di eropa batu ini menjadi salah satu permata yang akrab dengan para desainer dunia. Sebut saja produk Gucci, salah satu raksasa fashion dunia ini pernah mengeluarkan tas mewah dengan hiasan batu black opal. Batu inipun mendapat respon besar dipasaran. Karaena itu harga batu black opal ikut-ikutan mengkilap Batu black opal sudah identik dengan perhiasan barang mewah.

Baca:   Batu akik bulu macan masuk kategori Natural Tiger Glass

Harga batu ini tidak pernah jatuh. Bahkan, di Australia, batu black opal sudah memiliki standar harga yang dihitung berdasarkan satuannya. Indonesia memiliki kualitas batu opal yang hampir sama persis dengan black opal Australia. Acuan harga batu black opal saat ini diantara 300- 470 USD per 17 mm, atau dalam rupiah Rp4,4 juta.

2. Kecubung atau Amethys
Bukan hal aneh jika kecubung menjadi batu permata kelas dunia. Keindahan warna dan bentuknya sudah diakui. Batu ini identik dengan kalangan wanita kelas atas, sehingga harga jualnya pun bikin kita ngelus dada. Batu kecubung asal Kalimantan merupakan salah satu dari jenis kecubung berkualitas. Beberapa referensi penjualan permata online, harga kecubung dijual antara 200-489 USD per 15 mm (sumber aliexpres.com). Harga tersebut masih tergantung pada kualitas, seperti warna dan tingkat kekerasannya.

3. Jade atau Giok
Batu giok pernah menjadi icon perekonomian di tiongkok. Batu ini dijadikan warga kala itu sebagai uang, perhiasan, hingga peralatan perang. Hingga kini, giok masih dianggap sebagai batu permata berharga. Salah satu yang fenomenal adalah giok terbesar di India mencapai 1,7 ton yang dibandrol dengan harga Rp300 miliar. Karena kekuatan dan kecantikan giok, harga jualnya pun lebih stabil. Wilayah yang terkenal memiliki kualitas batu giok terbaik adalah Cina dan Burma. Harga giok berkualitas kini diatas 400 USD per mm atau lebih dari Rp4 juta .

Baca:   80 Fakta unik yang mungkin tidak kamu ketahui

4. Batu Labrador
Mungkin nama labrodor tidak familiar, karena batu ini tidak banyak di Indonesia. Sejauh ini jenis Labrador baru ditemukan diwilayah Papua. Kebanyakan orang sering mensalah artikan batu Labrador sebagai batu opal. Padahal, batu Labrador berbeda dari opal. Batu ini digolongkan kedalam transluccant dengan rumus kimia Na dan CA (AI2SiO8).

Hal yang identik dengan batu opal hanyalah pada efek bias cahaya. Batu ini memiliki refleksi cahaya mirip dengan opal, yaitu mengeluarkan pantulan warna pelangi dari dalam batu. Di pasar permata internasional, harga batu Labrador bisa mencapai 700-1000 USD per mm. Perdagangan batu ini lebih banyak menggunakan sertifikat, sehingga kualitasnya bisa terukur.