Wow! Batu akik kalimaya dan bacan masih bertahan dengan harga fantastis

batu-akik-bacan
Batuk akik memang sudah tidak seramai dulu, tapi itu bukan berarti harganya tidak tinggi. Beberapa batu akik yang harganya masih sangat tinggi hingga saat ini dan tidak terpengaruh dengan lesunya pembeli, adalah batu kalimaya dan batu bacan. Kedua jenis batu akik ini masih tetap bertahan dengan harga yang fantastis. Informasi yang telah dihimpun, harga kedua batu akik asli indonesia ini masih bertahan dengan harga yang cukup tinggi.

Di kota Ambon misalnya, harga bongkahan batu bacan masi berkisar Rp10 juta hingga 17 juta, Tidak sampai disitu, Batu Asal Halmahera ini juga telah dijual per-ons jika yang benar-benar kristal. Sedangkan di Jakarta, Batu kalimaya Black Opal juga masi berkisar Rp 5 jutaan. Ini bertanda bahwa Kedua batu Asli Indonesia ini akan tetap bertahan, karena peminatnya bukan sekedar menginginkannya, namun telah menjadikannya sebagai kebutuhan asesoris.

Baca:   Batu akik Pancawarna Darson, batu akik terbaik dari Garut

Tren batu akik di prediksi akan kembali booming

Beberapa kalangan memprediksi bahwa tren batu akik akan kembali booming dalam waktu dekat. Alasannya adalah karena kondisi ekonomi Indonesia sudah mulai kembali membaik dan juga animo masyarakat terhadap batu akik masih sangat tinggi. Hal itu juga dapat dibuktikan dengan masihnya ramainya jual-beli batu akik hingga saat ini, meskipun tidak sebanding bulan-bulan sebelumnya.

Adalah Suyono, salah satu pedagang batu akik di Jakarta, kepada media mengatakan, penjualan batunya memang menurun, tapi pembeli masih tetap ada, dan masih bisa meraih keuntunga. Suyono juga menjual batu akik via internet, melalui grup-grup batu akik di facebook. “Animo pembeli masih tinggi, kalau tidak ada yang beli tidak mungkin kami jualan.” Katanya, dikutip dari Fajar.co.id. Dia mengatakan, soal tren atau membooming mungkin bisa berakhir, tapi soal hobi tak akan hilang.

Baca:   Batu akik Hajar Jahanam jadi primadona di 'Bursa Akik Nasionl'

“Karena ini menyangkut gaya hidup. Banyak pelanggan saya dari kalangan pegawai dan direktur perusahaan masih membeli batu akik di saya sampai sekarang. Bahkan kita sampai akrab gara-gara batu akik.” Tukasnya.