Wow! Cuma Ahok Sendiri Yang Bisa Kalahin diri Sendiri di Pilkada DKI 2017

Ahok keluar dari Gedung KPK usai diperiksa soal RS Sumber Waras (Foto: Detik)

Ahok keluar dari Gedung KPK usai diperiksa soal RS Sumber Waras (Foto: Detik)

Di Pilkada DKI 2017 mendatang, Basuki Tjahaja Purnama dinilai tidak akan menemui hambatan dari lawan-lawannya karena tingkat popularitas Ahok yang sangat tinggi. Lawan terberat Ahok dinilai hanya akan datang dari dirinya sendiri, demikian menurut Pengamat politik dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) J Kristiadi. J Kristiadi menilai cukup sulit menemukan lawan yang mampu mengalahkan gubernur dengan sapaan akrab Ahok tersebut dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 mendatang.

Baca:   Sonya Depari Terpilih Jadi Duta Anti Narkoba, Ini Alasannya...

Menurut Kristiadi, kalau melihat peta politik hingga saat ini, Ahok hanya dapat dikalahkan oleh dirinya sendiri. Artinya, kalau sampai mantan Bupati Belitung Timur tersebut telah merasa menang. “Jadi Ahok bisa kalah dengan diri sendiri, kalau dia merasa sudah pemenang. Kalau tak bisa mempertahankan keautentikan dirinya sebagai Ahok, sebagai orang biasa,” ujar Kristiadi pada diskusi yang digelar Masyarakat Demokrasi Jakarta, dikutip dari Pojoksatu, Rabu (20/4/2016).

Baca:   Ingin menangkan Pilkada DKI 2017, Relawan 'Suka Haji Lulung' mengaku punya strategi berbisik

Kalau Ahok sudah merasa jadi pemenang, maka kata Kristiadi, cenderung tidak bisa mendengar orang lain. Akibatnya, hubungan emosinya dengan masyarakat bisa menjadi jelek. Karena itu Kristiadi berharap Ahok bisa menjaga diri dan mau mendengar masukan kalau memang hal tersebut untuk kebaikan.

“Di sinilah tugas para pendukung Ahok, harus merawat keautentikan Ahok sebagai orang biasa yang pada dasarnya saya percaya betul-betul mau berbuat untuk masyarakat. Di sini kedigdayaan rakyat diuji bagaimana mengalahkan kedaulatan uang,” ujar Kristiadi.

loading...